Sekolah vs Kuliah, Mana yang Lebih Seru?

Hai,guysss! Hari ini aku akan kasih tau kamu perbedaan-perbedaan antara kehidupan saat sekolah dengan kehidupan saat kuliah. Kira-kira lebih seru kehidupan saat sekolah atau kehidupan saat kuliah ya? Simak perbedaan-perbedaan berikut ini:

 

Kehidupan Saat Sekolah:
1. Jadwal masuk sekolah selalu teratur

Sumber: http://qizz234.blogspot.co.id/2014/07/contoh-jadwal-pelajaran-sd-tahun.html

jadwal-masuk-sekolah

 

Siapa di sini yang masih sekolah? kamu pastinya memiliki jadwal pelajaran bukan? Untuk kamu yang masih sekolah pasti jadwal sekolahmu dari hari Senin sampai hari Jumat atau bahkan hari Senin sampai hari Sabtu jadwal masuk sekolah pasti gak pernah berubah sampai kapanpun sesuai dengan peraturan sekolahmu. Ketika kamu sekolah pastinya hari libur hanya ada di hari Sabtu dan hari Minggu atau hanya hari Minggu saja.

 

2. Masih pakai seragam sekolah

Sumber: http://www.seragamsekolah.co/seragam-sekolah/

 

ketentuan-seragam-sekolah

 

Saat kamu duduk di bangku sekolah tentunya sekolahmu memiliki peraturan tentang ketentuan penggunaan seragam sekolah. Bahkan setiap kamu masuk sekolah seragam yang kamu pakai itu-itu mulu sampai kamu bosan melihat dan menggunakannya. Pernah gak sih kamu berpikir kenapa ke sekolah itu harus pake seragam kenapa gak pake baju bebas aja? Jawabannya, itu karena peraturan dari pemerintah Indonesia. Gak kayak di Luar negeri yang pemerintahnya membuat peraturan kalau ke sekolah boleh pake baju bebas tapi ada juga sih sekolah-sekolah di luar negeri yang sekolahnya membuat peraturan semua murid harus memakai seragam sekolah. Tapi seragam sekolah di luar negeri itu keren-keren loh.

 

3. Masih ada hukuman

Sumber: https://www.brilio.net/ngakak/13-jenis-hukuman-di-sekolah-ini-pasti-pernah-kamu-alami-sekarang–160521d.html

 

dihukum

 

Pengalaman terunik dan tak terlupakan di masa-masa sekolah adalah dihukum guru. Setiap murid bahkan kamu juga pasti pernah dihukum guru kan? Dihukum guru hanya bisa kamu rasakan di masa-masa sekolah. Nanti saat kamu kuliah dan kerja kamu gak akan ngerasain lagi dihukum oleh dosen atau atasanmu. Hukuman yang diberikan oleh gurumu ada yang bisa buat kamu jerah bahkan ada yang bisa buat kamu gak kapok untuk dihukum lagi.

 

4. Selalu diatur oleh orangtua

Sumber: https://www.merdeka.com/gaya/anak-susah-diatur-coba-3-cara-ini.html

 

diatur-orangtua

 

Ketika kamu masih sekolah pernah gak sih kamu berpikir “kapan ya aku gak diatur-atur lagi sama orangtua?” Pastinya pernah kan? Saat sekolah pastinya kamu sering banget diatur-atur orangtua seperti; setiap pulang sekolah harus langsung pulang, setiap hari harus belajar dan kerjain PR, gak boleh ini itu lah sampai kamu bosen dan berasa pengen minggat dari rumah. Itu semua karena kamu belum dewasa terhadap perilaku dan pola pikir.

 

5. Bawa tas sekolah yang isinya penuh dengan buku dan berat pula

Sumber: http://aceh.tribunnews.com/2015/09/01/tas-sekolah-berat-ancam-kesehatan-anak

 

tas-sekolah-yang-berat

 

Aku yakin deh kamu kalau sekolah pastinya tas kamu berat karena penuh dengan buku. Maklumlah namaya juga sekolah pastinya tas kamu berat-berat karena penuh dengan buku yang harus kamu bawa setiap hari. Saat sekolah buku pelajaran itu pasti banyak karena dalam sehari bisa ada 3 sampai 4 mata pelajaran yang kamu ikuti. Ada buku yang tipis bahkan ada juga yang tebel udah kayak kamus. Itu kamu mau sekolah atau kabur dari rumah de?

Baca juga: Alasan Mengapa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Itu Penting

 

6. Gak bisa milih mata pelajaran

Sumber: https://www.mindtalk.com/channel/orangindonesia/post/mata-pelajaran-yang-paling-ingin-dihindari-waktu-s-534674290054796265.html

 

matapelajaran

 

Gak enaknya jadi siswa yah begitu kamu harus ikut mata pelajaran yang sudah ditentukan oleh sekolahmu. Kamu gak bisa milih-milih mata pelajaran, mau kamu suka atau tidak tetap gak bisa milih-milih mata pelajaran. Nanti saat kamu kuliah kamu udah bisa milih-milih mata kuliah sesuai keinginan kamu.

 

Kehidupan Saat Kuliah:
1.  Jadwal masuk kuliah gak teratur

Sumber: https://ichyastmik.wordpress.com/category/jadwal-mata-kuliah/

 

jadwal-masuk-kuliah

 

Ini nih yang paling disukai oleh mahasiswa yaitu jadwal kuliah yang gak teratur. Saat kuliah kamu pasti akan merasakan masuk kuliah dengan berbeda-beda jam setiap harinya bahkan ada juga perguruan tinggi yang masuk kuliahnya cuman seminggu 2x-4x. Hal ini tentunya bisa kamu manfaatkan untuk mengambil part time job ataupun freelance bagi yang sedang membutuhkan pekerjaan. Bagi kamu yang gak lagi butuh kerjaan hal seperti ini bisa kamu manfaatkan dengan jalan-jalan bareng temen, main games di rumah, dll.

 

2. Kuliah udah pakai baju bebas dong

Sumber: https://www.berandabusana.com/gaya-model-baju-anak-kuliahan.html

 

pakaian-anak-kuliahan

 

Pokoknya kuliah tuh enak deh. Kamu udah boleh pakai baju bebas gak seperti waktu masih sekolah yang masih pakai seragam sekolah. Kamu bebas mau pakai baju apa aja yang penting rapi dan sopan. Anak kuliah itu cara berpakaiannya udah beda dengan anak sekolah. Gaya berpakaiannya juga udah gaul dan keren-keren.

 

3. Udah gak ada yang namanya hukuman cuman adanya diomelin dosen

Sumber: https://life.idntimes.com/education/wina/ucapkan-selamat-tinggal-dengan-dosen-pembimbing-skripsi-yang-php-dengan-tips-ini

 

diomelin

 

Waktu sekolah kamu pasti pernah kena hukuman atau sering kena hukuman. Saat kuliah udah beda loh. Kamu udah gak bakal lagi ngerasain yang namanya dihukum. Dosen udah cuek sama mahasiswa mau kamu kerjain tugas atau gak, datang terlambat atau gak, berisik di kelas apa gak, dll pokoknya dosen udah ngebebasin kamu. Ketika kamu gak kerjain tugas, datang terlambat, berisik di kelas, dll kamu gak akan kena hukuman kok palingan diomelin doang.

 

4. Orangtua mulai cuek

Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/573335185a516393318b4567/sebab-akibat-dapet-hot-thread-pertama-kali/

 

orangtua-mulai-cuek

 

Masa-masa kuliah itu dimana masa-masanya kamu sudah beranjak dewasa dalam segala hal. Makanya ketika kamu udah kuliah orangtuamu sudah mulai cuek dengan apa yang kamu lakukan. Kamu udah bisa bebas ngapa-ngapain aja tanpa diatur-atur oleh orangtuamu lagi. Hal itu dikarenakan orangtuamu berpikir bahwa kamu itu udah dewasa dalam segala hal. Kamu udah bisa membedakan mana yang baik dan mana yang gak baik.

 

5. Bawa tas kuliah yang isinya dikit dan gak berat

Sumber: http://nhorachan.blogspot.co.id/2016/02/isi-tas-versi-nora.html

 

isi-isi-tas-anak-kuliahan

 

Coba kamu bandingkan antara tas anak sekolah dengan tas anak kuliahan. Beda banget kalau diperhatikan. Anak sekolah itu isi tasnya banyak karena penuh dengan buku pelajaran dan berat-berat pula kalau anak kuliahan isi tasnya sedikit dan gak berat. Diyakinkan kalau anak kuliah itu pasti isi tasnya gak jauh-jauh dari dompet, gadget, chargeran, alat make up bagi yang perempuan, bulpen 1 atau 2 biji, dan satu buku tulis. Saat kuliah kalau belajar itu pasti fokusnya ke materi pembelajaran yang dipresentasikan oleh dosenmu sedangkan saat sekolah lebih fokus ke buku pelajaran.

 

6. Bebas memilih mata kuliah

Sumber: http://anugerahbintan.ac.id/web/index.php?option=com_content&view=article&id=67:struktur-mata-kuliah&catid=37:data-kampus&Itemid=74

 

matakuliah

 

Setiap kali kamu masuk semester baru pastinya kamu akan disediakan beberapa mata kuliah. Di saat kuliah lah kamu bebas memilih mata kuliah yang kamu inginkan sesuai jurusan yang kamu ambil. Kamu gak akan dipaksa untuk mengambil semua matakuliah. Kamu sudah dibebaskan dalam memilih.

Jadi, menurut kamu lebih seru yang mana? Sekolah atau kuliah nih?

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

 

 

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Sekolah vs Kuliah, Mana yang Lebih Seru?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *