Metode / Model Pembelajaran yang Efektif dan Efisien

Sebagai kaum pelajar, pendidikan dan pembelajaran sangatlah penting. Tapi kamu pernah gak sih merasa bosan dengan metode atau model pembelajaran yang itu-itu aja? Supaya kamu gak merasa bosan dengan metode atau model pembelajaran yang itu-itu aja, coba lakukanlah beberapa metode atau model pembelajaran ini supaya belajarmu semakin efektif dan efisien!

 

1. Metode Diskusi Kelompok

Sumber:http://zonahitung.weebly.com/metode-pembelajaran.html

 

ktp

 

Saat kamu sedang belajar di sekolah atau di kampus kamu merasa ke susahan dalam belajar atau mengerjakan tugas kamu bisa mengajak teman-temanmu membentuk sebuah kelompok diskusi. Ajaklah mereka untuk mendiskusikan materi pembelajaran yang belum dipahami. Berikan penjelasan secara detail dan perlahan-lahan agar materi yang didiskusikan mudah dipahami oleh masing-masing anggota kelompok.

 

2. Metode Debat

Sumber: http://www.pendidikanislam.id/taklim/1908/menerapkan-metode-debat-dalam-pembelajaran-bagaimanakah.html

 

debat-siswa

 

Metode debat merupakan metode mendebatkan suatu permasalah yang diberikan oleh guru atau dosenmu. Dalam perdebatan ini kamu dan teman sekelompokmu dituntut untuk memberikan solusi terbaik dalam memecahkan masalah yang diberikan. Saat kamu sedang mendebatkan masalah, kamu dan kelompokmu diperbolehkan untuk mengomentari solusi yang diajukan oleh kelompok lain.

 

3. Metode Pemecahan Masalah

Sumber: http://ainamulyana.blogspot.co.id/2012/02/metode-pemecahan-masalah-problem.html

 

pemecahan-masalah-1

 

Dalam metode pembelajaran ini, guru atau dosenmu akan memberikan sebuah studi kasus. Kamu harus dapat memecahkan permasalahan itu sampai selesai. Proses pemecahan masalah terdiri dari indentifikasi masalah yang terjadi, cari informasi dan ide untuk memecahkan masalah, pilih ide yang terbaik, bangun dan coba ide yang kamu dapatkan, dan yang terakhir evaluasi hasilnya.

 

4. Metode Prakter

Sumber: http://www.itgarla.com/2016/05/ini-dia-cara-metode-pembelajaran.html

gambar-belajar-prakter

 

Pembelajaran di sekolah ataupun di kampus bisa secara teori maupun praktek tentunya. Setelah guru atau dosenmu memberikan pembelajaran secara teori kamu tentunya bisa mempraktekan pembelajaran yang diajarkan oleh guru atau dosenmu. Misalnya; praktek membuat diagram di MS.Excel, praktek menanam kacang hijau, praktek meracik bahan kimia, praktek membelah hewan, dll.

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan Sebelum Maupun Sesudah Wisuda

 

5. Metode Role Playing

Sumber: http://ainamulyana.blogspot.co.id/2012/02/metode-pembelajaran-bermain-peran.html

 

bermain-peran-4

 

Role playing merupakan sebuah metode pembelajaran yang membutuhkan suatu imajinasi dan kreativitas. Metode pembelajaran Role Playing ini, dimana kamu belajar memerankan tokoh dalam sebuah cerita atau peristiwa. Kamu dituntut untuk menghayati peran dalam sebuah cerita atau peristiwa yang kamu mainkan.

 

6. Metode Inquiry

Sumber: http://anamarliana96-kurtekdik.blogspot.co.id/2015/12/apa-itu-inquiry.html

 

inquiry

 

Metode Inquiry merupakan sebuah metode pembelajaran dengan melakukan sebuah penelitian terhadap sesuatu. Dalam metode ini, kamu dilibatkan untuk melakukan pengumpulan data dan memberikan sebuah hipotesis yang nantinya akan dijadikan sebuah laporan penelitian. Dari sini kamu akan mempunyai kemampuan dan wawasan lebih.

 

7. Metode Team Quiz

Sumber:  http://anamarliana96-kurtekdik.blogspot.co.id/2015/12/apa-itu-inquiry.html

 

20150829_121221-1-1

 

Team Quiz merupakan metode pembelajaran dimana guru atau dosenmu membentuk sebuah kelompok dan akan memberikan beberapa pertanyaan mengenai materi yang diajarkan tentunya. Jika tim kamu berhasil memenangkan quiz tersebut maka tim kamu akan mendapatkan hadiah tapi jika tim kamu kalah tim kamu akan diberikan hukuman. Metode ini juga bagus untuk melatih kemampuan dan kerjasama tim.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

Baca juga

Share this!