Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan Sebelum Maupun Sesudah Wisuda

Hey, kamu lagi butuh kerjaan ya? Dari pada kamu gak ngapa-ngapain dan males-malesan mendingan kamu baca artikel ini aja! Siapa tau dari artikel ini kamu bisa mendapatkan inspirasi. Hari ini penulis udah sediain tips atau cara mudah mendapatkan pekerjaan sebelum maupun sesudah wisuda. Kamu gak mau kan jadi pengangguran terus? Makanya baca tips atau cara berikut ini! Antara lain yaitu:

 

1. Gunakan website pencarian lowongan pekerjaan

Sumber: http://ristiyaheralita105081994pa01.blogspot.co.id/2012/03/situs-lowongan-pekerjaan-yang_9513.html

 

1
Dalam keseharianmu, kamu pasti menggunakan yang namanya teknologi. Gak mungkin kan dalam seharian kamu gak menggunakan teknologi sama-sekali. Coba deh sekali-kali kamu gunakan webite pencarian lowongan pekerjaan. Di website itu kamu bisa memasukan jenis pekerjaan yang kamu inginkan dan kamu akan mendapatkan banyak perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan. Nih, penulis punya rekomendasi beberapa website pencarian lowongan pekerjaan antara lain yaitu:

 

 

2. Ikuti acara Job Fair

Sumber: http://liputan.kabaremagazine.com/2014_06_01_archive.html

 

jerbet-jobfair
Lowongan pekerjaan itu gak mungkin datang dengan sendirinya tanpa kamu cari. Kamu harus berusaha dan berjuang untuk mendapatkannya. Di saat libur atau waktu kosong, kamu bisa kok mengikuti acara Job Fair. Setiap tahunnya pasti ada acara Job Fair dari berbagai daerah. Untuk mendapatkan info mengenai acara Job Fair kamu bisa mencarinya lewat internet kok. Acara Job Fair gak cuman bisa kamu ikuti di luar kampus tapi kamu bisa mengikuti acara Job Fair di Kampusmu atau di kampus orang lain. Oh ya, saat kamu mengikuti acara Job Fair sebaiknya kamu membawa dan menyebarkan surat lamaran pekerjaan dan CV yang telah kamu buat sebanyak mungkin. Siapa tau dari situ ada perusahaan yang memanggil kamu untuk interview kerja.

 

3. Minta rekomendasi orang-orang sekitar

Sumber: http://www.hipwee.com/daripembaca/ini-nih-cara-cara-supaya-kamu-bisa-cepat-dapat-kerja-setelah-lulus-kuliah/

 

shutterstock_91523222
Untuk mencari pekerjaan kamu bisa minta rekomendasi dari orang-orang sekitar kamu yang sudah bekerja maupun pernah bekerja. Selain itu, kamu juga bisa kok minta orang-orang di sekitarmu untuk merekomendasikan kamu ke perusahaan-perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Untuk meyakinkan mereka kamu harus menunjukan kemampuanmu yang terbaik sehingga kamu bisa direkomendasikan ke perusahaan-perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan.

 

4. Cari  pengalaman kerja

Sumber: https://ilhamrizqi.com/2012/08/pengalaman-kerja-yang-tidak-bermanfaat/

 

experience
Setiap perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan pasti membutuhkan seseorang yang mempunyai pengalaman kerja. Bagi kamu yang belum punya pengalaman kerja, kamu bisa cari pengalaman kerja. Misalnya; kamu bisa menjadi seorang SPG, guru private, content writer, event organizer, membantu orang untuk mendesain produk, magang, dll.

Baca juga: Hayoo Kamu Suka Malas Belajar Ya? Coba Lakukan Hal Ini Untuk Membantumu!

 

5. Gali kemampuan yang kamu miliki

Sumber: http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/733166-hidup-hemat-dengan-5-kemampuan-ini

 

364248_lima-kemampuan_663_382
Setiap manusia dikasih Tuhan kemampuan yang berbeda-beda. Jika kamu mau cepat mendapatkan pekerjaan atau kamu sedang mengincar perusahaan untuk bekerja, kamu harus gali terus kemampuan yang kamu miliki. Semakin bagus kemampuan yang kamu miliki semakin tinggi nilai jual kamu terhadap perusahaan yang sedang kamu cari atau sedang kamu incar. Dengan demikian, akan ada banyak perusahaan yang ingin memasukan kamu sebagai karyawan perusahaan tersebut.

 

6. Mencoba melamar pekerjaan di tempat magang

Sumber: http://www.hipwee.com/daripembaca/ini-nih-cara-cara-supaya-kamu-bisa-cepat-dapat-kerja-setelah-lulus-kuliah/

 

75627778
Untuk kamu mahasiswa tingkat akhir, saat kamu membuat skripsi tentunya kamu dianjurkan untuk magang ke perusahaan-perusahaan bukan? Saat kamu sedang magang di perusahaan tersebut, tunjukanlah kemampuan lebihmu. Dan ketika masa magangmu akan berakhir kamu bisa memanfaatkan waktu itu untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Kamu harus bisa meyakinkan atasanmu kalau kamu bisa diterima menjadi karyawan tetap di perusahaan tersebut.

 

7. Jangan menunda-nunda waktu yang ada

Sumber: http://www.dwipena.com/1184/kebiasaan-menunda-nunda-waktu.html

 

kebiasaan-menunda-nunda-waktu
Waktu itu jalannya cepat kok. Kalau kamu punya waktu manfaatkanlah waktu itu untuk mencari lowongan pekerjaan. Kamu jangan sekali-kali untuk menunda waktu karena kamu bisa menyesal nantinya. Jangan berpikir “ahh waktunya masih lama, entar aja deh nyari kerjanya, siapa tau nanti lowongan pekerjaan datang dengan sendirinya”. Kalau begitu terus kapan kamu bisa dapat pekerjaan? Pekerjaan itu gak bisa datang dengan sendirinya tanpa kamu cari. Jadi, jangan menunda-nunda waktu dan manfaatkanlah waktu dan kesempatan yang ada!

 

8. Manfaatkan fasilitas career center yang disediakan oleh kampusmu

Sumber: http://career.istb.ac.id/

 

gambar-istb-career-center
Jika di kampusmu disediakan sebuah fasilitas career center, cobalah untuk memanfaatkan fasilitas tersebut. Fasilitas tersebut pasti disediakan oleh kampusmu untuk mempermudah kamu dalam mencari pekerjaan. Menggunakannya mudah kok. Kamu hanya tinggal memasukan biodata dirimu beserta pengalaman kerja jika ada, prestasi-prestasi yang pernah kamu raih, dan kemampuan apa saja yang kamu miliki tentunya.

Gimana guys, mau berusaha atau males-malesan? Pilihan ada ditanganmu loh. Selamat mencoba dan salam sukses dari penulis.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

Baca juga

Share this!

One thought on “Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan Sebelum Maupun Sesudah Wisuda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *