Mau Nilai Pelajaran dan Nilai Ujianmu Bagus? Wajib Baca Ini!

Setiap pelajar dan mahasiswa pasti membutuhkan sebuah nilai. Nilai merupakan sesuatu yang berharga bagi semua kaum pelajar. Tentunya kamu pasti mau kan dapet nilai bagus? Siapa sih yang gak mau dapet nilai bagus? Selain dengan rajin belajar, kamu juga bisa loh memikat hati guru atau dosenmu supaya kamu dengan mudah mendapatkan nilai bagus. Baca cara-cara berikut ini:

 

1.  Siapkan sebuah pertanyaan dan aktif bertanya

Sumber: http://daffosaero.blogspot.co.id/2011/08/cara-menumbuhkab-mental-juara-kelas.html

 

bertanya

 

Bertanya itu penting bahkan sangat-sangat penting bagi semua orang. Tanpa bertanya kamu gak akan bisa apa-apa dan gak akan dapet apa-apa. Jadi, saat proses belajar mengajar di sekolah atau di kampus kamu harus menyiapkan sebuah atau beberapa pertanyaan yang akan kamu ajukan setelah guru atau dosenmu menjelaskan materi pembelajaran. Dengan begitu kamu gak akan bingung mau nanya apa nantinya. Setelah guru atau dosenmu menjelaskan materi pastinya dia akan bilang “Ada pertanyaan?” Ketika kamu mendengar hal itu kamu harus langsung mengajukan pertanyaan yang sudah tersimpan di otakmu. Kalau kamu aktif bertanya, maka guru atau dosen tersebut akan merasa bahwa kamu tuh istimewa. Selain di kelas, kamu juga bisa kok nanya-nanya ke guru atau ke dosenmu di ruang guru atau di ruang dosen kalau kamu malu bertanya di kelas. Gak akan ada yang melarang kok.

 

2. Rajin mengerjakan tugas

Sumber: http://sekolahtzuchi.com/scktc/?attachment_id=2284

 

semangat-siswa-saat-mengerjakan-tugas-yang-di-berikan-dari-bpk-ibu-guru1

 

Guru atau dosen itu sering memberikan kamu tugas bukan berarti dia kesel atau benci sama kamu loh. Dia pengen kamu lebih rajin lagi belajarnya dan lebih paham dengan materi yang telah diberikan. Kamu pastinya pernah kan berpikir “haa tugas, males kerjain ahh”. No.. no.. no.. gak boleh males ya! Itu buat kebaikan kamu juga kok bukan buat menyiksa kamu. Kamu harus rajin mengerjakan tugas ya! Kalau kamu rajin mengerjakan tugas berarti kamu menghargai guru atau dosenmu serta pelajaran yang diberikannya.

 

3. Rajin datang ke sekolah atau ke kampus tanpa terlambat

Sumber: http://sdnpuntukdoro3.blogspot.co.id/2015/06/kumpulan-slogan-dan-kata-mutiara.html

 

cth

 

Kerajinan adalah sebuah kebiasaan. Kalau kamu rajin ke sekolah atau ke kampus otomatis kamu juga akan rajin dalam segala hal. Kamu jangan pernah males-malesan untuk ke sekolah atau ke kampus. Kalau kamu males bisa-bisa kamu cetek ilmu. Biasakanlah untuk rajin datang ke sekolah atau ke kampus tapi dengan syarat gak boleh datang terlambat ya! Kalau kamu rajin datang ke sekolah atau ke kampus tanpa terlambat maka guru atau dosenmu akan menganggap bahwa kamu mempunyai semangat yang tinggi untuk menuntut ilmu. Kamu bisa dapet nilai plus dari situ.

 

4. Sering-seringlah bergaul dengan guru atau dosen

Sumber: http://www.seputarmahasiswa.com/2015/11/tips-jitu-mendekati-dosen-pembimbing.html

 

lecturer-talking-two-students

 

Kamu di sekolah atau di kampus jangan cuman bergaul dengan teman seangkatan, adik kelas, atau dengan kakak kelas doang dong. Kamu juga harus bergaul dengan para guru atau dosen. Ajaklah mereka ngobrol / curhat / minta diajarin pelajaran yang kamu gak ngerti / kamu juga bisa nanya-nanya ilmu pengetahuan dari mereka. Dengan begitu mereka merasa bahwa mereka itu spesial bagi kamu dan kamu membutuhkan mereka.

Baca juga: Anak IPA vs Anak IPS. Kamu?

 

5. Berpenampilan menarik

Sumber: http://fashionpria.com/tips/catatan-penting-bagi-mahasiswa-dalam-berpenampilan

 

men-style-go-to-work-350x200

 

Kebanyakan guru atau dosen itu suka dengan murid atau mahasiswa yang bening-bening dalam arti berpenampilan menarik. Kamu bisa tunjukan penampilan menarikmu di hadapan guru atau dosenmu. Hal ini bisa dijadikan sebagai bahan pemikat loh. Siapa tau guru atau dosenmu klepek-klepek sama kamu dan kamu bisa di kasih bonus nilai bagus. Kan banyak tuh zaman sekarang guru atau dosen yang kayak gitu. Mentang-mentang murid atau mahasiswanya berpenampilan menarik langsung deh dikasih nilai bagus.

 

6. Jangan membuat kegaduhan di kelas

Sumber: http://www.pendidikandasar.net/2015/04/kesalahan-kesalahan-yang-sering_7.html

 

tolong-diam

 

Belajar itu butuh suasana yang tenang. Kamu gak akan bisa belajar dengan suasana kelas yang gaduh. Guru atau dosenmu pasti juga gak akan bisa konsentrasi mengajar kalau kelas tersebut gaduh. Jadi, saat proses belajar mengajar ciptakanlah suasana yang tenang. Kalau kamu gak membuat kegaduhan di kelas pastinya guru atau dosenmu merasa senang dengan kamu. Jadi jaga ketenangan ya! Menjaga ketenangan itu tanda bahwa kamu menghargai dia dan kamu mau fokus belajar.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

7. Ikuti peraturan dari guru atau dosenmu

Sumber: http://www.slideshare.net/sartinimaisarah/pertemuan-ke-1-10576982

 

pertemuan-ke-1-5-728

 

Saat pertama kalinya kamu bertemu dengan guru atau dosen pengajar, tentunya kamu akan diberikan peraturan dalam proses belajar mengajar seperti hal apa saja yang boleh kamu lakukan di kelas dan hal apa saja yang gak boleh kamu lakukan di kelas. Setelah diberikan peraturan seperti itu, kamu harus ikuti peraturan yang diberikan. Kalau kamu melanggar aturan bisa-bisa kamu dikeluarkan dari kelas dan gak boleh ikut pelajaran itu lagi. Memang sih, mengikuti aturan guru atau dosen itu lumayan susah. Biar kamu gak melanggar peraturan yang udah dibuat oleh guru atau dosenmu sebaiknya kamu buat perjanjian di dalam dirimu sendiri kalau kamu harus mengikuti peraturan yang sudah dibuat.

Sekian tips-tips yang bisa aku kasih ke kamu. Selamat mencoba ya!

 

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Mau Nilai Pelajaran dan Nilai Ujianmu Bagus? Wajib Baca Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *