Kiat Sukses Seorang Designer Grafis

Designer grafis merupakan sebuah pekerjaan dibidang industri kreatif. Bekerja sebagai seorang designer grafis tidaklah mudah. Untuk menjadi seorang designer grafis tentunya kamu harus mempunyai keahlian dalam mendesain. Inspirasi, imajinasi, dan kreativitas merupakan hal yang dituntut bagi seorang designer grafis. Jika kamu seorang designer grafis yang ingin sukses silahkan baca kiat / tips- tips berikut ini:

 

1. Menjadi seorang kolektor

Sumber: http://damarwijayanti.blogspot.co.id/2012/04/ngerumpi-days-out.html

 

www

 

Bagi seorang designer grafis mencari ide itu tidak gampang loh. Kamu harus menemukan ide – ide kreatif agar hasil desainmu menarik dan bagus. Kamu bisa kok memulainya dengan hal-hal kecil seperti mengumpulkan brosur atau katalog sebagai bahan pembuatan desainmu. Disaat kamu belum mendapatkan ide untuk membuat suatu desain kamu bisa melihat contoh brosur atau katalog yang kamu kumpulkan itu.

 

2. Sering coret-coret di buku gambar

Sumber: http://blog.maketypeson.com/interview-dengan-ilham-herry-sovyona/

 

index

 

Sebelum kamu membuat sebuah desain setidaknya cobalah untuk membuat desain kasarnya terlebih dahulu. Kamu bisa menyiapkan sebuah buku gambar kemudian mulailah mencoret-coret buku gambar tersebut dengan coretan desain yang ingin kamu buat. Jika menurut kamu hasilnya jelek, kamu harus mencoba dan mencoba sampai hasilnya bagus.

 

3. Jangan cuek dan cepat puas dengan apa yang sudah kamu buat

Sumber:http://senseside.blogspot.co.id/2015/08/diatas-langit-masih-ada-langit.html

 

images

 

Terkadang kita sebagai manusia sering cepat merasa puas dengan apa yang kita kerjakan. Bagi kita hasilnya sudah bagus tapi bagi orang lain bisa saja hasilnya berbanding terbalik. Di saat kamu membuat sebuah desain dan ternyata ada gambar yang salah atau kurang menarik kamu seharusnya punya inisiatif  untuk memperbaikinya. Jangan dibiarkan  ya!

 

4. Ikuti seminar mengenai design grafis

Sumber: http://semarangkota.com/05/workshop-desainer-grafis/

 

desiner-grafis-semarang-01

 

Kamu sebagai seorang designer grafis perlu loh mendapatkan ilmu tentang design grafis. Agar wawasan kamu semakin bertambah, kamu bisa kok ikut seminar mengenai design grafis. Di acara seminar itu pasti kamu akan diajarkan bagaimana cara menjadi seorang designer grafis yang sukses, hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seorang designer grafis, resiko apa yang akan dihadapi oleh seorang designer grafis, dll. Nanti dari hasil seminar itu kamu bisa belajar banyak kok.

 

5. Perbanyak referensi

Sumber: http://www.bitebrands.co/2016/10/cara-tips-cari-jasa-desain-grafis-profesional.htm

 

bitebrands-cara-tips-memilih-car-jasa-desain-grafis-profesional-03

 

Belajar mendesain itu gak hanya secara otodidak loh. Kamu bisa pelajari cara mendesain lewat internet, buku-buku, ataupun video tutorial. Pilihlah media pembelajaran yang mempermudah kamu tentunya.

Baca juga: Cara Mudah Meraih IPK Tinggi.

 

6. Jangan mudah  menyerah

Sumber: http://sanimogoan.com/foto-dp-bbm-jangan-menyerah-2015/

 

images-2

 

Kalau ada usaha pasti ada jalan. Itulah kata-kata yang pasti sering kamu dengarkan bukan? kegagalan adalah hal yang wajar. Jika kamu gagal kamu jangan langsung menyerah, kamu harus tetap berjuang sampai berhasil. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya dan kegagalan itu adalah awal dari kesuksesanmu. Jadi jangan mudah menyerah dan tetap semangat ya!

 

7. Banyak bertanya kepada pihak yang berpengalaman

Sumber: http://csdnews.com/mengapa-banyak-bertanya-itu-bisa-membuat-anda-sukses/

 

images-3

 

Pepatah berkata  “Malu bertanya sesat di jalan”  kalau kamu mau sukses perbanyaklah bertanya. Tanyakan hal-hal yang kamu gak ngerti kepada orang-orang yang berpengalaman dalam bidang design grafis. Takut dibilang kepo? udah cuekin aja daripada kamu gak tau apa-apa nanti malah jadi buntu.

 

8. Promosikan hasil karyamu ke sosial media

Sumber: http://bisnisukm.com/sosial-media-sarana-tepat-untuk-promosi-toko-online.html

 

Hand holding a Social Media 3d Sphere sign on white background.

 

Bagi kamu yang masih freelance, di saat kamu punya banyak hasil desain jangan cuman disimpen dong. Coba deh kamu promosiin hasil desainmu itu. Kamu bisa share-share hasil desainmu ke sosial media. Siapa tau ada perusahaan yang merekrut kamu untuk bekerja di sana.

Selamat mencoba ya! semoga kiat / tips-tips ini bisa membuat kamu menjadi seorang designer grafis yang sukses. Amin…

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Kiat Sukses Seorang Designer Grafis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *