Anak IPA vs Anak IPS, Kamu?

Masa-masa SMA merupakan masa dimana kamu sebagai pelajar harus menentukan kamu mau masuk jurusan IPA atau IPS. Hari ini aku punya fakta-fakta tentang perbedaan anak IPA dengan anak IPS. Ini hanya sekedar info ya! Bukan untuk membanding-bandingkan atau mendiskriminasi loh.

 

Fakta-fakta Anak IPA:
1. Jago berhitung

Sumber:  http://jogjastudent.com/fakta-dan-mitos-antara-anak-ipa-dan-anak-ips-mana-yang-lebih-berpeluang-sukses/

 

berhitung

 

Sudah dipastikan anak IPA itu jago berhitung loh. Karena anak IPA mempunyai logika yang lebih kuat dibandingkan anak IPS. Dalam menghitung, anak IPA tidak hanya jago dalam pelajaran matematika tetapi semua pelajaran yang berhubungan dengan hitung-menghitung seperti Fisika dan Kimia. Jadi tidak heran kan kalau anak IPA itu mampu mengerjakan soal-soal yang rumit sekalipun.

 

2. Mampu masuk ke semua jurusan perkuliahan

Sumber: http://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/33-jurusan-kuliah-unik-tapi-keren-part—1

 

1445012360-jurusan-un

 

Anak IPA itu sangat mudah untuk memilih jurusan perkuliahan. Bagi kamu yang memilih untuk menjadi anak IPA, di saat nanti kamu akan kuliah kamu bisa memilih jurusan perkuliahan  IPA, IPS, ataupun bahasa. Semua jurusan pasti bisa menerima anak IPA kok.  Selain anak IPA pandai dalam pelajaran yang berhubungan dengan IPA dan matematika, ternyata anak IPA juga bisa mempelajari pelajaran IPS dan Bahasa loh.

 

3.  Rajin belajar

Sumber: http://www.jurnalpost.com/7-langkah-memotivasi-anak-agar-rajin-belajar/432/

 

7-langkah-memotivasi-anak-agar-rajin-belajar

 

Siapa bilang pelajaran IPA itu gampang? IPA itu pelajarannya susah-susah loh. Makanya banyak anak IPA yang fokus banget ama pelajaran. Mereka gak pernah menyerah untuk nyelesaiin tugas-tugasnya. Ada kesalahan sedikit pokoknya gak mau tau harus bisa diselesaikan tugasnya, itulah prinsip hidup anak IPA.

Baca juga: Kiat Sukses Seorang Designer Grafis.

 

4. Jarang bergaul

Sumber: http://blakblakangue.blogspot.co.id/2014/06/penjelasan-orang-yang-suka-menyendiri.html

 

fobia-sosial

 

Sebagian besar anak IPA itu jarang bergaul loh. Mereka lebih sering menyendiri dibandingkan bergaul dengan orang sekitar. Hal itu dikarena bagi mereka belajar itu lebih penting. Mereka lebih memilih belajar dan mengerjakan tugas daripada bergaul. Untuk sekedar info anak IPA itu ulangan dan tugasnya banyak loh.

 

5. Punya rasa gengsi yang tinggi

Sumber: http://nasehathebat.com/artikel-mau-bisnis-buang-gengsi

 

16kenapa-gengsi

 

Anak zaman sekarang itu punya rasa gengsi yang tinggi. Kebanyakan mereka gak mau dipandang rendah oleh orang-orang di sekitarnya. Makanya itu kenapa pelajar SMA lebih banyak yang memilih masuk IPA. Mereka merasa ahh IPA kan keren, IPA kan gaul. Gak gaul lo kalau gak jadi anak IPA.

 

Fakta-fakta anak IPS:
1.  Jago berdebat dan berdiskusi

Sumber: http://tommysyatriadi.blogspot.co.id/2013/04/cara-cerdas-menangkan-debat.html

 

debat

 

Dalam pelajaran dan kehidupan sehari-hari, anak IPS itu selalu peka dengan hal-hal kecil mengenai kehidupan sosial. Jika ada hal yang menyimpang atau gak sesuai dengan pemikiran, anak IPS akan langsung memberikan komentar dan lama-lama bisa jadi perdebatan yang gak selesai-selesai. Untuk urusan debat dan diskusi  anak IPS  jagonya. Mereka punya wawasan yang luas dan dapat dengan cepat menyelesaikan masalah.

 

2. Jago menghafal

Sumber: tartips.blogspot.co.id/2015/06/7-tips-cara-mudah-menghafal.html

 

images

 

Pelajaran IPS itu mudah kok. Kamu pasti bisa! karena semua pelajaran IPS itu berhubungan dengan hafal-menghafal. Untuk soal hafal-menghafal anak IPS  jago loh. Mereka punya daya ingat dan daya tangkap yang kuat.

 

3. Lebih santai dalam hal belajar dan mengerjakan tugas

Sumber: http://ponselterupdate.com/kumpulan-dp-bbm-santai-atau-weekend-dan-tips-memasang-dp-bbm/

 

santai-target

 

Karena pelajaran IPS itu gampang, jadi banyak anak IPS  yang belajar dan ngerjain tugasnya santai banget. Mereka belajar kalau ada ulangan aja dan ngerjain tugas pas udah deadline. Bahkan tugas aja dikerjainnya di sekolah dengan cara contek-mencontek. Ini pengalaman penulis loh.

 

4. Hanya bisa masuk jurusan IPS dan Bahasa dalam dunia perkuliahan

Sumber: http://www.jurusankuliah.info/2015/03/jurusan-kuliah-bidang-ips-paling-prospektif.html

 

jurusan-kuliah-ips-sosial

 

Untuk pemilihan jurusan perkuliahan, anak IPS sangatlah berbeda dengan anak IPA. Anak-anak IPS hanya bisa mengambil jurusan  IPS dan Bahasa. Mereka tidak bisa mengambil  jurusan IPA, sedangkan anak IPA bisa mengambil  semua jurusan perkuliahan.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

5. Banyak bergaul

Sumber: http://majalahouch.com/masa-sma-enaknya-ngapain-aja/

 

sma

 

Kehidupan anak IPS itu dipenuhi dengan hidup yang serba santai. Mereka gak terlalu fokus dengan pelajaran karena bagi anak IPS pelajaran itu gak terlalu penting. Saking santainya, anak IPS sering bergaul sana sini. Mau dimanapun dan kapanpun pokoknya ngumpul dah. Ya gak anak IPS?

Jadi, kamu yang mana nih? IPA atau IPS?

 

Baca juga

Share this!

5 thoughts on “Anak IPA vs Anak IPS, Kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *