Yang Baru Mau / Lagi Cari Kerja Wajib Baca Ini!

Haaa… interview.  Itulah kata pertama yang pasti muncul di pikiranmu saat pertama kalinya kamu melamar pekerjaan kan?  Banyak orang yang berpikir  “Yaelah… interview doang mah gampang, pasti lulus kok”.  Ettt.. tunggu dulu. Siapa bilang kalau kamu pasti lulus interview? Jangan salah ya, gak semua orang bisa lulus interview loh. Nih baca dulu tips-tips berikut agar kamu bisa lulus interview!

 

1.  Buat jadwal interview biar gak dateng terlambat

Sumber: https://www.linkedin.com/pulse/20140911130257-3065014-questions-you-should-ask-in-the-sales-interview

 

Reminder to prepare for a job interview.

 

Saat kamu diberikan jadwal kapan kamu harus datang  jangan pernah melupakan waktu yang sudah dijadwalkan. Kalau bisa coba deh, kamu lingkarin kalender tanggal berapa kamu harus datang dan tulis ditanggal itu jam berapa kamu harus datang. Pastikan kamu jangan lupa dengan jadwal yang sudah kamu buat tadi.

 

2. Perlihatkan kalau kamu memiliki percaya diri yang tinggi

Sumber: https://rahmahmulyani010.wordpress.com/2015/08/27/tips-mendapatkan-rasa-percaya-diri-kamu/

 

images

 

Saat kamu menghadapi interview kerja kamu harus memperlihatkan dirimu kalau kamu tuh percaya diri  banget.  Semakin kamu mempunyai percaya diri yang tinggi semakin kamu memiliki kwalitas yang tinggi.  Yakinkan dirimu kalau kamu tuh bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan nanti.

 

3. Berpakaian rapi dan sopan

Sumber: http://news.okezone.com/read/2016/07/02/65/1431331/trik-hilangkan-gugup-saat-wawancara-kerja

 

trik-hilangkan-gugup-saat-wawancara-kerja-97ylw3kzs5

 

Berpakaian rapi dan sopan merupakan suatu hal yang terpenting. Karena saat kamu sedang menghadapi interview kerja, penampilan kamulah yang dilihat terlebih dahulu. Apakah penampilan kamu baik atau buruk. Jika kamu berpakaian rapi dan sopan  maka tentunya orang-orang akan tertarik dengan kamu.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

4. Jangan gugup

Sumber: http://bisnis.liputan6.com/read/555482/10-cara-menekan-rasa-gugup-saat-wawancara-kerja

 

download-1

 

Saat wawancara kamu jangan gugup ya! Anggaplah kamu sedang berhadapan dengan teman sendiri. Nih, penulis kasih tau kalau kamu gugup saat interview bisa-bisa pertanyaan yang diajukan kepada kamu dijawab dengan jawaban yang gak karu-karuan. Kalau udah begitu, gimana  hayooo? Kalau  kamu gugup coba aja  tarik nafas perlahan-lahan dan buang nafas perlahan-lahan.

 

5. Berikan jawaban dengan tegas dan tepat

Sumber: http://wawancarakerjatips.blogspot.co.id/2015/07/tips-wawancara-kerja-untuk-menjawab.html

 

sj-ah939_18car_gs_20150117182244

 

Disetiap pertanyaan yang diajukan ke kamu tentunya kamu harus menjawab dengan tegas dan tepat. Jangan menjawab dengan suara yang lemas dan jangan  gak yakin. Kamu harus menjawabnya dengan penuh semangat   dan yakinkan dirimu bahwa jawaban yang kamu berikan itu tepat dan benar.

 

6. Jangan pernah menjawab tidak dan mungkin

Sumber http://www.hipwee.com/narasi/jangan-bilang-tidak-jika-hati-berkata-iya/

 

635886617266385158364877816_saying-no-750x422

 

Misalnya saat kamu diberikan pertanyaan yang tidak bisa kamu jawab jangan pernah sekali-kali kamu  jawab tidak dan mungkin. Jika sudah   begitu si pewawancara akan ragu untuk menanyakan kamu kembali.

7. Saat tawar-menawar gaji berikanlah jawaban yang masuk akal

Sumber: https://id.jobsdb.com/id-id/articles/negosiasi-gaji-fresh-graduate

 

negosiasi-gaji-fresh-graduate_700x365

 

Di akhir interview si pewawancara pasti akan menanyakan kepada kamu  “Kamu mau gaji berapa?”. Saat kamu diajukan pertanyaan seperti itu jangan pernah menyebutkan nominalnya tapi kamu harus menjawab  “Sesuai peraturaan perusahaan ini”. Hal itu dikarenakan setiap perusahaan yang akan memasukan karyawan baru memiliki peraturan khusus tentang berapa gaji yang harus diberikan kepada karyawan yang baru masuk. Kalau kamu berani-beraninya menyebutkan nominal yang kamu inginkan, dipastikan kamu tidak akan dihubungi kembali untuk mengikuti tahap berikutnya. Kalau gak percaya coba aja!

Baca juga: 5 Aplikasi yang Membantu Mengerjakan PR

 

8. Bersalaman  dan  berikan seyuman

Sumber: http://bisnis.liputan6.com/read/2239706/5-hal-yang-ingin-didengar-atasan-saat-wawancara-kerja

 

download

 

Di awal interview dan di akhir interview kamu WAJIB memberikan salaman. Salaman itu tanda bahwa kamu menghormati orang yang akan mewawancarai kamu. Berikan tampang senyum juga.  Kalau kamu tersenyum si pewawancara akan menganggap  bahwa kamu senang bertemu dengan dia dan senang mengikuti interview tersebut .

Remember: Kegagalan adalah awal dari kesuksesanmu.

 

download-2

 

 

Baca juga

Share this!