Cara Belajar Berkualitas yang Efektif dan Efisien

Sudahkah  kamu belajar hari? Sebagai pelajar atau mahasiswa kamu tentu harus rajin belajar loh. Selama ini apakah cara belajar kamu sudah efektif dan efisien? Kalau belum, yuk liat tips-tips berikut ini:

 

1. Jangan lupa berdoa

Sumber: http://yesuskristustuhan.blogspot.co.id/2010/10/kuasa-doa-kristen.html

 

pentingnya-berdoa-kristen

 

Sebelum belajar tentunya kamu jangan pernah lupa untuk berdoa ya. Hayoo ngaku siapa yang gak pernah berdoa sebelum belajar?  Kamu harus  minta pertolongan Tuhan supaya belajarmu lancar dan hasil belajarmu memuaskan sesuai apa yang kamu harapkan.  Jika hasil belajarmu sukses pasti kamu akan semakin bersemangat untuk belajar dan belajar kembali.

 

2. Buat jadwal belajar

Sumber: http://rumahinspirasi.com/antusiasme-belajar/

 

l_2048_1536_22125b4a-5bbd-4853-9d5d-fcc8574b1593

 

Kamu pasti sering lupa dengan jadwal belajarmu atau jadwal belajarmu acak-acakan?  Coba deh buat jadwal belajar berupa note kemudian bisa kamu tempel di depan meja belajarmu biar setiap hari kamu selalu ingat kapan kamu harus belajar.

 

3. Belajar Kelompok

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/04/21/65/1137674/manfaat-belajar-kelompok

 

manfaat-belajar-kelompok-dkqmbniow1

 

Kamu suka males belajar sendiri?  Udah ajak temen kamu aja buat belajar bareng.  Kan lebih seru tuh, kamu bisa saling share satu sama lain dan memperbanyak pergaulan.

4.  Aktif  bertanya

Sumber: http://www.sekolahdasar.net/2013/03/starts-with-question-agar-anak-aktif.html

 

index

 

Saat kamu gak ngerti dengan materi pelajaran di sekolah maupun di kampus kamu bisa kok tanya langsung ke temen-temen kamu, ke orang tua ataupun ke guru atau ke dosen kamu.  Jangan diam aja Loh. Harus aktif biar gak tersesat di jalan karena ada pepatah yang bilang “Malu bertanya sesat di jalan”.

Baca juga : Buat kamu yang suka menyontek, Baca ini!

 

5. Belajar dengan serius dan tekun

Sumber: http://irmai-lp.blogspot.co.id/2014/03/30-cara-belajar-yang-baik-dan-benar.html

 

belajar-dengan-serius-dan-tekun

 

Siapa sih yang gak mau  dapet nilai bagus?  Kamu pastinya mau dapet nilai bagus kan?  Kalau kamu punya waktu kosong setidaknya kamu luangkan waktu itu untuk belajar.  Saat kamu sedang belajar kamu harus benar-benar fokus pada pelajaran tersebut. Jangan sambil nonton Tv ataupun main hape.  Kamu dijamin gak akan fokus belajar. Kalau bisa selama kamu belajar jauh kan yang namanya hp dari kamu atau belajarlah di kamar dengan pintu tertutup.

 

6. Buat catatan dengan tulisan yang rapi,jelas,dan menggunakan bahasa yang mudah kamu mengerti

Sumber: http://www.youngnesia.com/2015/03/8-cara-belajar-efektif-yang-patut-kamu.html

 

buat-ringkasan

 

Biar kamu gampang menghafal kamu bisa kok menyediakan sebuah buku catatan khusus pelajaran. Satu pelajaran satu buku catatan . Di buku itu kamu bisa menulis ringkasan pelajaran kamu dari buku cetak maupun penjelasan guru ataupun dosen kamu. Ingat tulisanmu harus rapi, jelas, dan menggunakan bahasa yang dimengerti loh! Kalau tulisanmu rapi,  jelas, dan bahasanya mudah dimengerti dijamin kamu akan semangat untuk membacanya.

 

7. Carilah tempat belajar yang mendukung

Sumber: http://hedisasrawan.blogspot.co.id/2013/06/5-cara-memilih-tempat-belajar-yang-baik.html

 

5-cara-memilih-tempat-belajar-yang-baik-dan-benar3

 

Agar kamu bisa menyerap pelajaran yang akan kamu pelajari kamu harus memilih tempat yang mendukung loh. Kalau kamu salah pilih tempat belajar bisa-bisa hasil belajarmu jelek.  Sebagai contoh; kamu bisa memilih tempat belajar di perpustakaan, taman bermain, di kelas, di kamar, ataupun di tempat lain yang bisa membuat kamu nyaman untuk belajar. Pokoknya suka-suka kamu deh.

 

8. Biasakan dirimu untuk mengingat apa yang udah kamu pelajari

Sumber: http://wennyrosaliakusumawardani.blogspot.co.id/2012/10/menjadi-cerdas-menghafal-dan-mengingat.html

 

menghafal-vocabbulary

 

Siapa yang suka lupa sama apa yang sudah dipelajari silahkan angkat tangan?  Namanya juga manusia yahh pasti suka lupa kok. Itu wajarlah. Nih, saat kamu lupa sama apa yang sudah kamu pelajari kamu jangan cuek dong. Kamu harus pelajari kembali sama apa yang sudah kamu pelajari tadi.  Pelajari sampai kamu benar-benar sudah hafal dan sudah mengerti.  Jangan mentang-mentang kamu percaya diri banget  kamu cuek dengan apa yang sudah kamu pelajari.

 

9.  Jangan belajar dengan waktu yang tidak terbatas / berlebihan

Sumber: http://sdnpengambangan3banjarmasin.blogspot.co.id/2012_05_01_archive.html

 

1536ca6ba8477c84_strategi_belajar

 

Belajar dengan waktu yang berlebihan itu bisa membuat kamu stress loh. Istirahatlah sebentar jangan biarkan badan dan pikiranmu capek. Kalau badan dan pikiran kamu udah capek, bisa-bisa apa yang sudah kamu pelajari tiba-tiba menghilang begitu saja dipikiranmu loh.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

10. Selalu ingat orangtuamu

Sumber: http://dpbbmlucu.info/2015/05/doa-untuk-orang-tua/

 

images

 

Siapa sih yang sering timbul rasa malas untuk belajar? Semua orang pasti sering timbul rasa malas termasuk kamu bukan? Ingatlah belajar itu tujuan untuk masa depanmu dan ingat juga orangtuamu lah yang memberikan pendidikan demi masa depanmu. Kalau kamu malas belajar kasihan orangtuamu yang telah capek-capek mencari nafkah hanya demi membiayai pendidikan kamu. Tanamkan dan ingatkan dipikiranmu “Saya sayang orang tua maka saya harus rajin belajar”.

Demikian beberapa tips buat kamu yang belajarnya belum efektif dan efisien. Selamat mencoba dan jangan pernah malas belajar yaaa!

 

eec641cade99af816d0676231a43e918d19f1b266d5119dcef970afb19d72913

 

 

 

 

 

Baca juga

Share this!