Hey, Kamu yang Baru Mau / Lagi Skripsi. Coba Baca Ini!

Ciyeeee… yang udah semester akhir. Pasti kamu punya pikiran aduh skripsi, bisa gak yah lulus tanpa skripsi?, duh pengen cepet lulus.  Ayo ngaku jangan bohong!  Tenang-tenang penulis udah siapin kok solusi buat kamu yang baru mau menghadapi skripsi ataupun sedang menghadapi skripsi.  Yuk sist / bro,  cek solusi di bawah ini :

 

1. Berdoa

Sumber : http://yesuskristustuhan.blogspot.co.id/2010/10/kuasa-doa-kristen.html

 

gambar-doa

 

Yang pasti kamu harus utamakan berdoa dulu.  Mintalah pertolongan Tuhan supaya kamu bisa menghadapi skripsi dengan lancar dan cepat selesai.  Jangan ngeluh,  biarkan Tuhan yang campur tangan.  Kamu tinggal melaksanakannya.

 

2. Minta doa dan restu orangtua

Sumber: http://www.islamberkata.com/2015/09/rencana-tanpa-restu-orang-tua-biasanya.html

 

doa-dan-restu

 

Selain kamu harus berdoa kepada Tuhan,  jangan lupa minta doa dan restu orangtua kamu loh!  Karena doa dan restu orangtuamu adalah obat yang paling manjur buat kamu.  Mau orangtuamu jauh ataupun dekat dengan kamu, tetaplah minta doa dan restu darinya.

 

3. Pilih tema skripsi yang sesuai dengan kemampuan kamu

Sumber: http://careernews.id/tips/view/2390-4-Tahapan-Memilih-Judul-Skripsi

 

judul-skripsi

 

Sebelum memilih dosen pembimbing, tentunya kamu terlebih dahulu harus memilih tema skripsi kamu bukan?  Pilihlah tema skripsi yang benar-benar kamu sukai,  kamu pahami,  dan sesuai kemampuan kamu.
Jangan mentang-mentang kamu pandai kamu memilih tema skripsi yang rumit.  Yahhh,  tau kan resikonya?
Kamu nantinya bisa uring-uringan ngerjainnya dan skripsi kamu gak selesai-selesai.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

4. Kalau bisa pilih dosen pembimbing yang berbeda jenis kelaminnya

Sumber: http://www.hipwee.com/hiburan/hal-hal-yang-kamu-rasakan-ketika-berhadapan-dengan-dosen-pembimbing-skripsi/

 

bimbingan-skripsi

 

Ini strategi bukan modus.  Biasanya dosen pembimbing yang berbeda jenis kelaminnya jauh lebih menyenangkan ketimbang dengan dosen yang jenis kelaminnya sama,  lebih asyik diajak ngobrol,  bisa jadi bahan penambah semangat kalau tuh dosen ganteng atau cantik.

 

5. Pilih tempat yang kamu sukai untuk menyusun skripsi

Sumber: http://adapada.com/gaya-hidup/tips/4-tempat-ini-dijamin-akan-meringankan-pengerjaan-skripsi-kamu/

 

tempat-skripsi

 

Ngerjain skripsi itu butuh tempat yang kondusif loh. Kamu dijamin gak akan bisa ngerjain skripsi kalau tempatnya gak kondusif. Misalnya kamu tipe orang yang menyukai kesunyian, kamu bisa mengerjakan skripsimu di kamar atau di perpustakaan.  Jangan pilih di kuburan ya! Dan kalau kamu tipe orang yang suka hang out kamu juga bisa mengerjakan skripsimu di cafe atau di taman bermain.

 

6. Pahami coretan skripsimu

Sumber : alesbanget.com/2016/08/mengartikan-coretan-dosen-pembimbing-di-revisian-skripsi-kamu/

 

coretan-skripsi

 

Setiap bab skripsi yang kamu buat pasti akan dicoret-coret oleh dosen pembimbing kamu.  Jangan pernah sakit hati atau patah semangat kalau skripsimu dicoret-coret.  Tapi pahami maksud dari coretan skripsimu.  Kalau kamu belum paham dengan coretan tersebut,  kamu bisa tanya ulang dengan dosen pembimbingmu.   Jangan malu bertanya.  Itu demi kebaikan kamu juga kok.  “Malu bertanya sesat di skripsi”.

 

7. Dengarkan omelan atau nasehat dosen pembimbingmu

Sumber: http://baymonttampa.com/2015/07/arti-mimpi-dimarahi.html

 

diomelin

 

Dinasehatin atau diomelin saat bimbingan skripsi?  Ahhh udah biasa.  Udah mendingan kamu dengerin aja tuh omelan atau nasehat beliau.  Itu kan buat kebaikan kamu juga,  bukan karena dia benci kamu.  Siapa tau omelan atau nasehatan beliau bisa kamu jadikan motivasi biar kamu bisa lebih baik lagi.

Baca juga: Dosen Killer / Galak, Siapa Takut

 

8. Yakinlah bahwa skripsi pasti selesai

Sumber: http://www.keepcalm-o-matic.co.uk/p/keep-calm-and-skripsi-pasti-kelar/

 

keep-calm-and-skripsi-pasti-kelar

 

Kamu jangan pernah takut dengan yang namanya SKRIPSI.  Percaya diri dan yakinkan dirimu kalau skripsi itu akan segera selesai.  Waktu itu jalannya cepet kok.  Atau gak masukan di pikiranmu dan di hatimu  “ Skripsi Pasti Selesai”.

 

9. Perbanyak komunikasi

Sumber: http://jayaskripsi.blogspot.co.id/2016/03/contoh-judul-skripsi-ilmu-komunikasi.html

 

komunikasi-saat-skripsi

 

Nih, saat skripsi banyak-banyaklah berkomunikasi dengan teman seangkatanmu atau dengan dosen pembimbingmu. Tanyakan informasi yang kamu butuhkan. Kepo-kepo dikit boleh lah.

 

10. Perbanyak referensi

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/11/03/65/1242744/cari-referensi-di-perpustakaan-tanpa-ribet

 

cari-referensi

 

Kamu masih punya banyak waktu untuk membuat skripsi. Di saat waktu kosong, kamu bisa kok cari-cari referensi sesuai tema skripsimu. Di perpustakaan, di toko buku, ataupun di internet pasti kamu banyak menemukan referensi yang kamu butuhkan. Semakin banyak referensi semakin bagus. Satu bocoran, kamu juga bisa curi-curi jurnal orang buat referensi skripsi kamu. Buat kamu yang baru mau skripsi, kamu juga bisa cari-cari referensi tema skripsi di internet ataupun minta referensi ke orang-orang yang sudah pernah mengalami skripsi.

 

11. Jangan plagiat / jiplak skripsi orang

Sumber: http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/15/11/03/nx8a3q330-pejabat-pemprov-ntb-jiplak-tulisan-wartawan

 

plagiat
Saat kamu membuat skripsi, jangan pernah atau jangan sekali-sekalinya kamu plagiat / jiplak skripsi orang. Kalau ketahuan bisa habis kamu nanti. Skripsi kamu ditolak dan dianggap gak lulus. Kalau udah kayak gitu, hayooo gimana?

 

12. Buang  jauh-jauh rasa malas

Sumber: https://keluarga.com/perangilah-rasa-malas-dalam-diri-anda

 

rasa-malas

 

Yang namanya lagi proses skripsi pasti ada-ada aja yang namanya cobaan. Rasa malas pasti selalu menghantui kamu kan? Kamu harus buang jauh-jauh rasa itu. Itu godaan buat kamu agar skripsimu gak kelar-kelar. Kamu coba deh dengerin lagu penambah semangat sambil mengerjakan skripsimu.

Dah nih, solusi yang bisa penulis kasih buat kamu-kamu yang baru mau skripsi ataupun lagi skripsi.

 

– Selamat Berjuang –

ganbatte

Baca juga

Share this!

One thought on “Hey, Kamu yang Baru Mau / Lagi Skripsi. Coba Baca Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *