6 Pekerjaan sampingan untuk pelajar

pernah terpikirkan untuk menambah uang jajan, tapi tidak mau membebani orang tua?
Ternyata banyak loh pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa harus mengganggu jam belajarmu! Tapi ingat ya, kamu harus pandai mengatur waktu juga.
Pastinya kamu bangga donk bisa menghasilkan uang dengan hasil kerjamu sendiri.
Kali ini edumor akan mengulas beberapa pakerjaan sampingan.
berikut pekerjaan yang dapat dilakukan pelajar:
Desain grafis
top-10-graphic-design-schools-6-illustrator-tutorial-graphic-design-3d-logo-pencil-youtube
Design grafis sedang banyak di cari sekarang! mulai dari mengerjakan logo, mendesign brosur, kartu nama, spanduk, baju, dll.
Pastinya kalo kamu punya kemampuan mendesign, kamu dapat mengenakan harga untuk setiap pekerjaan yang kamu lakukan!
Kerjaannya pun fleksibel, bisa kamu lakukan kapanpun asalkan memenuhi deadline / batas waktu yang ditentukan.
Nah, sekarang uda jaman moderen, kamu bisa mencari pekerjaan lepas seperti ini di sribulancer.com ataupun freelancer.com
Bimbel private
bimbel-privat
Kalo kamu pinter belajar, nilai bagus, kamu bisa menjadi guru privat buat adik kelas yang membutuhkan bantuan belajar. Kamu bisa kenakan biaya jasa mengajar per bulannya, lumayan untuk uang jajan sekaligus mempertajam ilmu akademik mu.
Bahkan sekarang kamu bisa melakukan bimbel privat secara online! wow! Kamu bisa coba aplikasi ruang guru untuk mengajar online di ruangguru.com
Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!
Content Writer / Penulis artikel
6496065_orig
Content writer tugasnya adalah membuat tulisan pada media online. Lowongan ini cukup banyak terbuka karena kebutuhan internet kita yang semakin meningkat.
Pekerjaan nya cukup sederhana, yaitu menulis artikel atau content (bisa berupa artikel blog, berita, atau ulasan dengan topik yang dibutuhkan oleh pembayarn). untuk bayarannya bisa variasi, ada yang per artikel, ataupun per bulan semua tergantung kesepakatan.
Operator Warnet
dsc00420
Operator warnet pekerjaanya cukup mudah dan tidak mengikat. Biasanya cukup menanyakan kepada pemilik warnet, barangkali membutuhkan operator.
Pekerjaan ini cocok untuk pelajar / anak kuliah karena umumnya dilakukan per shift. Sembari menjaga warnet, kamu pun punya waktu yang cukup lapang untuk mengerjakan PR, belajar, mengerjakan design, dan lain lain. Kelebihan paling menariknya adalah kamu bisa mengakses internet cepat GRATIS!
Mengikuti Event Organizer
bisnis event organizer
Event organizer adalah sekumpulan panitia yang merencanakan dan melaksanakan event / acara tertentu. Ada berbagai macam event tergantung event organizer tersebut, bisa berupa pameran, acara kuliner, acara pernikahan, dll. Pada posisi paling mudah, kamu bisa menjadi usher / panitia umum, tugasmu biasanya cukup sederhana, terkadang kamu diminta untuk menjaga stand / pada lokasi tertentu, melayani tamu, dan memindahkan barang.
Apabila kamu ada di posisi yang lebih tinggi, kamu dapat dipercaya untuk merencanakan dan mengkordinasi panitia dengan bayaran yang tentunya lebih tinggi.
Pekerjaan ini cukup fleksibel dan variatif, kamu bisa negosiasikan jam kerja kamu. Berhubung banyak acara dilakukan pada akhir pekan, maka tidak akan menggangu waktu belajarmu.
Endorsement
social-media
untuk setiap pengiklan yang ingin produknya di promosikan melalui akun sosial media mu, kamu bisa kenakan biaya sesuai kemauanmu, dengan catatan harga itu disetujui kamu dan pengiklannya.
Semakin banyak follower aktif mu, semakin mahal harga endorse yang bisa kamu kenakan ke dia!
Blogging
4
Buat kamu yang kreatif, menulis bisa jadi peluang usaha kamu. Penghasilan yang didapat dari blogging pun bisa di katakan tidak ada batasnya, semua tergantung pada jumlah pembaca kamu!
Intinya adalah membuat karya tulis / cerita pengalaman, atau bacaan yang menarik pengunjung, sehingga blog kamu bisa menjadi saasaran para pengiklan.
hal yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tema tulisan pada blogmu, isi dengan artikel-artikel menarik, lalu share dan promosikan ke sosial media.
Ada banyak cara memperoleh uang dari blogging : Menawarkan iklan ke pemasang iklan, Menjadi publisher ad sense (memasang iklan google), Jualan produk di blog, menulis review dan info mengenai perusahaan atau produk orang lain.
Kalau kamu tertarik melakukan blogging, kamu bisa mulai dengan blogger.com atau wordpress.com, atau kalau ingin lebih professional, kamu bisa membeli domain sendiri seperti blog ini!

Pekerjaan-pekeraan di atas hanya sebagian saja nih, tentunya kalau kamu mencari tahu ternyata masih banyak loh. So apa kamu tertarik untuk mencobanya?
Tuliskan pendapatmu di komentar!

Sumber artikel dan gambar :
http://1.bp.blogspot.com/-Lb8SqpIopFI/VTBGj0ykYQI/AAAAAAAABP4/XoWXyXAcwkI/s1600/bimbel%2Bprivat.gif
http://idehidup.com/20-kerja-sampingan-untuk-mahasiswa/
http://www.julieeliselandry.com/uploads/4/6/1/0/46102119/6496065_orig.jpg
http://s717.photobucket.com/user/madjibrud/media/DSC00420.jpg.html
https://infopeluangusaha.org/wp-content/uploads/2016/04/bisnis-event-organizer.jpg
http://www.digitalaboratory.it/wp-content/uploads/2015/02/social-media.jpg
http://www.theblogstarter.com/wp-content/uploads/2014/02/4.jpg

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *